5 Powerful Steps to Self-Love

5 Powerful Steps to Self-Love1. Self-care is not selfish; it is essentials 

Dengan banyaknya kesibukan yang dimilki, kegiatan yang semakin padat, terkadang kita lupa bagaimana menikmati waktu untuk diri sendiri. Saat semua kesibukan yang kamu lakukan menguras tenaga dan juga pikiran, maka kamu perlu meluangkan waktu untuk diri kamu sendiri. Menikmati film yang kamu sukai, membaca buku atau menulis jurnal yang bisa kamu mulai dari hal-hal kecil yang membuat kamu bahagia akhir-akhir ini, imipian kecil yang belum kamu gapai dan hal lainnya yang bisa membuat kamu merasa lebih lega, lebih mensyukuri hidup yang sedang kamu jalani, agar bisa mengenal diri kamu sendiri lebih dalam lagi.

5 Powerful Steps to Self-Love

2. Stop membandingkan diri dengan orang lain

Membanding diri dengan orang lain bisa membuat kamu Hal ini terdengar klise tapi bisa membawa banyak perubahan dalam diri kita. Saat kita membadingkan diri dengan orang lain, kita tidak akan pernah merasa puas dan cukup. Hal ini bisa menjadi trigger untuk terus mengubah diri kamu  menjadi seseorang yang berbeda ke hal yang negative.

“Change your thoughts and you change your world.” Norman Vincent Peale

3. Fokus pada kelebihan yang kamu miliki

You get more of what you focus on. Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, tetapi daripada fokus ke kekurangan  kamu, lebih baik kamu fokus ke kelebihan yang kamu miliki. Mulai sesuatu dengan kelebihan yang kamu miliki, dari hal sekecil apapun, akan berdampak positif ke kehidupan sehari-hari. Gali potensi dan rasap ercaya diri dengan kelebihan tersebut dan hindari pemikiran negative atau self-criticism.

5 Powerful Steps to Self-Love

4. Stop complaining dan start doing

Hal sekecil apapun kalau kamu mulai dengan pemikiran yang positif maka pelan-pelan akan berdampak positif juga. Hindari hal-hal negative seperti banyak mengeluh dan mulai mensyukuri setiap hal yang sudah kamu gapai. Dengan begitu, kamu bisa mulai menanamkan pemikiran positif dan juga bisa mensyukuri serta fokus untuk menyelesaikan kesulitan yang kamu hadapi.

 “You yourself, as much as anybody in the entire universe, deserve your love and affection”-Buddha

5. Surround yourself with positive people

Lingkungan juga mengambil peran yang cukup penting dan berpengaruh terhadap kehidupan seseorang, maka dari itu, ada baiknya jika kamu mulai memilih dengan siapa kamu akan menghabiskan waktu produktif hingga waktu luang yang kamu miliki. Manfaatkan waktu dan energi yang kamu miliki dengan lingkungan yang positif. Lingkungan yang bisa membuat kamu menjadi better version of yourself, lingkungan yang bisa mendukung passion dan goals yang kamu miliki.

Share: