Sama halnya seperti makanan, makeup juga memiliki waktu kedaluwarsa. Umumnya pasti di bagian belakang kemasan ada simbol wadah terbuka dan dibawahnya ada angka-angka yang menunjukkan berapa lama seharusnya kamu menyimpan produk tersebut. Makeup apa saja yang perlu kamu perhatikan waktu kedaluwarsanya? Ini penjelasannya. 

 

1. Lipstik

Masa kedaluwarsa: 2 tahun
Kapan harus dibuang? Saat lipstik sudah berubah warna, hingga rasa dan baunya. Jika semakin susah untuk diaplikasikan di bibir, maka itu saatnya kamu buang lipstikmu. 

 

2. Lip Gloss

Masa kedaluwarsa: 1 tahun
Kapan harus dibuang? Sama seperti lipstik, jika warna dan baunya berubah. Perhatikan juga ketika tekstur lipgloss sudah menggumpal, kamu perlu membuangnya saat itu juga. 

 

3. Liquid Foundation

Masa kedaluwarsa: 6-12 bulan
Kapan harus dibuang? Setelah dibuka, liquid foundation hanya dapat bertahan 6-12 bulan. Perhatikan konsisten foundation-mu, jika sudah terpisah, menggumpal, dan sulit untuk diaplikasikan, maka sudah saatnya kamu buang. 

 

4. Maskara

Masa kedaluwarsa: 2-3 bulan
Kapan harus dibuang? Kamu harus lebih disiplin dalam membuang maskara ini karena bakteri mudah sekali untuk berkumpul di maskara. Bakteri mudah terkumpul di sikat dan tube maskara karena kamu sering mengeluarkan sikat lalu memasukkannya lagi ke dalam tube. Mata adalah bagian tubuh yang sensitif, kamu dapat terkena infeksi mata jika tidak sering menggantinya. 

 

5. Eyeliner

Masa kedaluwarsa: 3 bulan
Kapan harus dibuang? Pensil eyeliner bisa tahan lebih lama daripada liquid eyeliner. Tapi secara umum kamu harus membuangnya setelah 3 bulan karena seperti maskara, bakteri cepat berkumpul di eyeliner-mu. Jika sudah menggumpal dan mengeluarkan bau yang aneh, kamu harus membuangnya. 

 

6. Bedak, Blush On, dan Eyeshadow

Masa kedaluwarsa: Hingga 2 tahun
Kapan harus dibuang? Kandungan air dalam makeup dapat membuatnya menjadi mudah bagi bakteri untuk berkembang biak. Bedak dapat bertahan hingga dua tahun karena memiliki sedikit kandungan air di dalamnya. Eyeshadow memiliki resiko yang lebih besar karena mudah bercampur dengan air. Jika kamu melihat lapisan abu-abu di atas produk, berubah warna dan bau, warna tidak keluar di saat diaplikasikan, itu saatnya untuk membuang makeup-mu.