Makanan-makanan ini tidak hanya sehat tetapi juga dapat melancarkan pencernaanmu. Ini terutama baik untuk kamu yang ingin diet atau dalam program pengurangan berat badan. Yuk, cek apa saja daftar makanan tersebut!

 

 

1. Markisa

Tidak hanya mengandung banyak serat, buah yang satu ini juga mengandung banyak air. Keduanya akan mencegahmu mengalami sembelit. Ditambah lagi, markisa adalah buah yang kaya akan vitam C, ini akan membantu sistem kekebalan tubuhmu untuk bekerja lebih baik lagi melawan penyakit. Bijinya yang dapat dimakan jadi nilai tambah dari buah ini, atau jika kamu suka bisa kamu campur dengan buah lain untuk salad buah.

 

 

2. Raspberry

Buah-buah berry memang terkenal kaya dengan serat. Namun raspberry mengandung serat yang paling banyak, dengan 8 gram per cangkir. Kamu bisa mengonsumsinya seperti itu saja atau dengan yoghurt di pagi hari.

 

 

3. Kentang

Ini adalah bukti bahwa diet tidak selamanya menyakitkan. Kentang merupakan salah satu makanan yang dapat kamu campur dengan apapun, dan dijamin rasanya pasti enak. Mulai dari potato baked, mashed potato, boiled, fried, dan roasted. Satu baked potato (dengan kulit) akan memberimu 2,9gr serat.

 

 

4. Brown rice

Hampir sama dengan kentang, brown rice selain dapat kamu makan dengan apapun juga mengandung serat yang banyak. Satu cangkir saja mengandung 3,5gr serat yang akan membantu melancarkan pencernaanmu setiap harinya. Jadi, coba bayangkan jika kamu makan 2-3 kali dengan brown rice setiap harinya. Sehat!

 

 

5. Whole wheat spaghetti

Kalau kamu penggemar pasta, kamu pasti akan senang mendengar kabar ini. Mencoba makan lebih banyak serat bukan berarti kamu harus berhenti makan makanan favoritmu. Satu cangkir dari whole wheat spaghetti akan memberiku 6,3 gr serat. Pastikan kamu makan dengan menu yang sehat pula.

 

 

6. Buah pir

Mengandung 5,5gr serat setiap buahnya, pir merupakan buah yang sangat kaya dengan serat. Selain enak dan manis, kamu juga dapat memotong-motongnya dan dicampur dengan roti panggan dan peanut buter. Untuk kamu yang senang salad, buah pir ini teman yang sempurna untuk arugula.

 

 

7. Edamame

Yes, appetizer yang sering kamu pesan di restoran sushi ini banyak mengandung serat yang sangat baik untuk tubuhmu. Satu cangkirnya akan memberimu 8gr serat. Selain dapat kamu makan begitu saja, edamame juga dapat kamu campurkan dalam salad atau dalam stir-fry